Pertimbangan Sebelum Membuat Website Serta Cara Membuat Toko Online

Toko online atau yang lebih dikenal dengan e-commerce saat ini semakin ramai diminati sebagai sarana untuk melakukan aktifitas jual beli di era yang sudah serba digital ini. Toko online ini semakin ramai dimanfaatkan oleh pelaku bisnis. Kemudahan juga manfaatnya juga lebih besar jika dibandingkan toko offline atau toko konvensional. Dengan toko online, pemilik dan konsumen akan lebih hemat waktu, tidak perlu keliling pasar untuk mencari produk yang cocok. Lebih dari itu, dalam memilih produk juga lebih leluasa karena anda hanya cukup melihatnya melalui layar handphone ataupun laptop yang anda miliki.

Pertimbangan untuk memiliki toko online dengan website

Berbicara masalah toko online, hal ini berkaitan dengan website. Di website tersebut adalah media untuk mengelola produk anda baik promosi maupun transaksi (jual-beli). Ibaratnya, website ini adalah rumah untuk anda memajang produk. tidak hanya itu, adanya website ini juga bisa memberi kemudahan tersendiri bagi konsumen atau pelanggan untuk mengakses toko anda. Sebelum website dibuat, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan.

1. Tujuan

Pertimbangan pertama adalah tujuan anda membuat website tersebut. Jika tujuan jelas, maka pelayanan anda jelas. Jika dilihat dari segi tujuan, ada 4 jenis tujuan website yaitu profil pribadi, toko online, blog dan juga profil perusahaan. Karena anda ingin membuka toko online, inilah yang menjadi tujuan anda.

2. Layanan

Selain tujuan, layanan online juga perlu ditentukan sesuai dengan apa yang sudah menjadi tujuan anda. Banyak platform online saat ini yang bisa digunakan gratis. Layanan bisa disesuaikan dengan toko online anda.

3. Fitur

Fitur dari layanan website juga penting untuk diperhatikan. Fitur yang ditawarkan harus dipelajari dengan baik jika anda membuka toko online dengan website gratis. Karena gratis, maka fitur yang ditawarkan juga terbatas. Maka dari itu, penting untuk anda pelajari.

Pastikan toko online Anda memiliki atau sudah terintegrasi dengan layanan payment gateway Indonesia. Hal ini bertujuan memudahkan calon pembeli Anda malakukan pembayaran produk atau jasa yang Anda tawakan dengan mudah.

Dengan hadirnya layanan payment gateway, Anda tidak perlu memiliki banyak rekening di bank yang berbeda. Cukup integrasi yang simpel Anda sudah bisa menikmati metode pembanyaran melalui banyak bank serta minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Cara membuat toko online dengan Mudah

Setelah mempertimbangkan tiga hal di atas, selanjutnya mempelajari bagaimana membuat toko online ini. Ada beberapa website yang menawarkan untuk membuat website gratis, salah satunya DomaiNesia. Dengan website tersebut, anda pun bisa menjadikannya sebagai toko online. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut.

1. Buka website domainesia

Anda bisa membuka website DomaiNesia sebagai langkah pertama untuk membuat toko online. Ada beberapa hosting murah yang ditawarkan oleh DomaiNesia. Selain itu, ada juga domai, VPS, web apps murah dan SSL gratis. Selanjutnya, cukup klik Web Apps di laman Domainesia tersebut.

2. Pilih toko online

Domainesia menawarkan 4 jenis CMS yang populer, seperti; OpenCart, Prestashop, Magento, dan LiteChart. Anda bisa menentukan pilihan terlebih dahulu. Jika anda bingung harus memilih yang mana, anda bisa membaca melihat beberapa referensi terlebih dahulu. Jika pilihan sudah ditentukan, selanjutnya klik “Activate”.

3. Memilih hosting & domain

Langkah selanjutnya yaitu memilih hosting juga domain. Dalam hal ini Domainesia bisa langsung pilihkan hosting dan domain anda. Keduanya menjadi satu-kesatuan. Dengan begitu, konfigurasi serta pembayaran juga lebih mudah. Lebih dari itu, anda juga bisa memilih siklus untuk sewa hosting, misalnya 1 bulan, 3 bulan, atau bisa juga 1 tahun. Untuk lebih amannya, anda bisa pilih SSL free/gratis. Tuliskan nama domain sesuai dengan keinginan anda. Domain ini adalah nama dari website anda nantinya. Jadi, sesuaikan nama dengan produk yang akan anda jual nantinya. Di Domainesia sendiri sudah disediakan domain gratis untuk tiap pembelian web apps.

4. Membuat akun toko

Langkah selanjutnya yaitu membuat akun toko. Hal ini sangat dibutuhkan agar anda bisa login. Tuliskan username beserta password anda.

5. Membayar total biaya

Jika website yang anda buat sifatnya berbayar, maka langkah selanjutnya adalah membayar total biaya dengan klik “Masukkan Troli”. Setelah itu, lunasi tagihan anda dengan melakukan login melalui akun Domainesia dahulu.

6. Toko online siap digunakan

Setelah langkah pembayaran selesai, selanjutnya toko anda sudah siap digunakan. Anda bisa membuka panel admin dan konfigurasikan sendiri sesuai keinginan.

Itulah beberapa hal terkait cara membuat toko online. Anda bisa mempraktekannya dengan mudah, bahkan hanya melalui website DomaiNesia. Mempunyai toko online akan semakin membuat anda menjadi lebih mudah dan toko pun menjadi lebih dikenal.